Pengamat : Zulkifli Hasan harus Segera Redakan Konflik Internal PAN

oleh

Esensinews.com – Pengamat Komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) harus segera meredakan konflik internal di PAN berkaitan dengan surat dari lima pendiri PAN yang meminta Amien Rais mundur dari PAN.

“Zulkifli Hasan harus segera meredakan konflik internal yang mencuat ke publik tersebut selaku Ketua Umum. Lebih cepat selesai itu lebih baik. Karena bila dibiarkan akan muncul tiga kelompok di internal PAN,” ujar Emrus kepada Esensinews, Rabu (26/12/2018) malam.

Lantaran ucap Emrus kelompok tersebut adalah kelompok pro pendiri yang menghendaki Amien Rais mundur, kelompok yang mendukung Amien Rais dan kelompok yang tidak pro keduanya, namun melihat situasi dan kondisi yang berkembang.

Kendati kata Direktur Eksekutif Emrus Corner ini, pendukung Amien masih kuat dan PAN masih ke kubu Prabowo-Sandi, tapi konflik internal ini tak bisa dibiarkan berlama-lama.

“Zulkifli sebagai nahkoda PAN jangan membiarkan kelompok ini sampai mengental. Perlu diingat bahwa kondisi internal yang tidak kompak ini akan membuat citra PAN kurang baik di mata publik. Apalagi ini Pemilu 2019 sudah dekat. Pemilih yang diluar kader jadi enggan memilih PAN,” ucapnya.

Disisi lain kata dia, PAN perlu minimal suara 4 persen agar memenuhi parliamentary threshold. Bila tidak ya akan tersingkir dari parlemen.

Justru itu jelasnya, publik tentu akan kecewa bila akibat konflik internal, maka PAN yang partai yang lahir dari reformasi 1998 ini harus tersingkir dari parlemen.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *