Dua Ledakan Guncang Ibukota Mogadishu Tewaskan 15 Orang

ESENSINEWS.com - Minggu/23/12/2018
Dua Ledakan Guncang Ibukota Mogadishu Tewaskan 15 Orang
 - ()

Esensinews.com – Lagi, Dua ledakan mengguncang Ibukota Somalia Mogadishu. Peristiwa ini terjadi di dekat Istana Kepresidenan di ibukota Mogadishu. Akibatnya, 15 orang tewas, termasuk seorang wartawan terkenal.

Saksi mata mengungkapkan ledakan pertama disebabkan oleh ledakan sebuah mobil di pos pemeriksaan keamanan di teater nasional, dimana asap putih tebal membubung ke udara.

Pejabat keamanan mengatakan ledakan pertama itu menewaskan hampir seluruh personil keamanan dan warga sipil. Di antara mereka yang tewas adalah Awil Dahir Salad, wartawan terkemuka Somalia yang bekerja untuk Universal TV yang berkantor di London. Dahir adalah pembawa acara televisi terkenal “Dood Wadaag.” Sedikitnya dua staf stasiun televisi itu juga tewas.

“Selama lebih dari 25 tahun dan ini hari yang sangat menyedihkan. Somalia kehilangan seorang wartawan hebat, seorang sosok yang sangat luar biasa.” kata Wartawan VOA Siaran Somalia Harun Maruf.

Para saksi mata mengatakan lebih dari 31 orang luka-luka dalam ledakan pertama. “Kami membawa lima korban tewas dan 14 korban luka-luka dari lokasi ledakan pertama,” ujar seorang pejabat di Mogadishu dikutip dari VOA.

Bulan Sabit Merah Somalia mengatakan kepada seorang koresponden VOA bahwa mereka juga membawa 10 korban tewas dan 17 korban luka-luka dari lokasi.

Kelompok pemberontak Al Shabab yang terkait Al Qaeda telah mengklaim bertanggungjawab. Sebuah situs pro-Al Shabab mengatakan ledakan kedua adalah bom mobil yang menarget mereka yang menanggapi terjadinya ledakan pertama.

Badan intelijen Somalia mengatakan supir mobil kedua dan seorang laki-laki yang mengkoordinir ledakan itu telah ditangkap.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya