Cawapres Ma’ruf Amin Minta Pemerintah China Perlakukan Muslim Uighur dengan Baik

oleh

Esensinsews.com – Diskriminasi terhadap muslim Uighur di China terus mehuai sorotan. Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin pun angkat suara. Mantan petinggi MUI ini meminta pemerintah China tetap memperlakukan warga muslim Uighur dengan baik.

“Kita harap supaya pemerintah Republik Rakyat Tiongkok memperlakukan kelompok Uighur yang kebetulan beragama Islam, supaya diperlakukan dengan baik sebagai warga negara China, terlepas dari adanya konflik di Provinsi Xianjiang. kata Ma’ruf dalam siaran Sabtu (22/12/2018). 

Seperti dilaporkan, bahwa pemerintah China menangkap satu juta warga yang mayoritas merupakan etnis Uighur.

Dalam pertemuan PBB di Jenewa, Swiss, pihak Beijing membantah laporan itu. Namun, mereka mengakui telah mengirim warga Uighur ke pusat “reedukasi”.B

Oleh karena itu, dia berharap tidak sampai ada tindakan berlebihan dari pemerintah China terhadap etnis Uighur.

“Kita minta Pemerintah bagaimana memfasilitasi supaya konflik dan perlakuan terhadap kaum Muslim, bisa dilakukan dengan cara lebih baik dan manusiawi sesuai aturan negara RRT,” tutur Ma’ruf.

Lebih lanjut dia mengingatkan, keterlibatan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelesaikan masalah ini boleh-boleh saja. Ia berharap, jangan sampai terjadi tragedi seperti di Myanmar, dimana ada pengusiran etnis Rohingya.

“Kita harap Muslim Uighur tak alami seperti di Rohingya. PBB bisa mengambil peran mengawalnya,” ujarnya.

Editor : Divon

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *