Apa Arti Penampakan Tanda Tanya Misterius di Langit California?

oleh

Esensinews.com – Sebuah penampakan putih misterius berbentuk tanda tanya di langit California, Amerika Serikat, pada Rabu malam (19/12/2018) akhirnya berhasil diidentifikasikan.

Penampakan tersebut rupanya berasal dari sebuah meteor yang lewat di langit San Fransisco Bay Area. Ketika meluncur dengan kecepatan tinggi, meteor tersebut meninggalkan ekor yang terdiri dari potongan-potongan kecil dirinya.

Ekor tersebut tampak putih seperti asap di langit yang gelap, dan belakangan melingkar di satu sisinya membentuk tanda tanya.

Seorang warga California, Josie Malik, mengatakan kepada Space.com, aku melihatnya (asap putih berbentuk tanda tanya) ketika sedang menyetir ke rumah. Aku tidak tahu itu apa hingga membaca beritanya, tetapi asap tersebut tampak sangat cantik.

Sebelum diidentifikasikan, warga San Fransisco Bay Area telah mencoba untuk menebak-nebak di media sosial.

Dugaan yang paling banyak disetujui oleh warganet adalah potongan dari satelit mata-mata NROL-71. Pasalnya, NROL-71 memang dijadwalkan untuk diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base, California, pada hari tersebut. Namun, peluncuran NROL-71 tidak terjadi karena adanya gangguan roket.

Selain itu, menurut astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, gerakan obyek tersebut terlalu cepat untuk dikategorikan sebagai sampah antariksa.

Berdasarkan kecepatannya dan bentuknya, McDowell mendeduksi bahwa obyek tersebut adalah meteor dan sisanya. Dalam akun Twitter-nya, McDowell menjelaskan lekukan asap terjadi karena ia terpengaruh oleh angin.

View image on Twitter
View image on Twitter

Oliver Pelham Burn@opbphotos

#NorCalMeteor #SoCalMeteor Here’s the high altitude clouds from the meteor that impacted over the Pacific Ocean. The dust from the burnt up meteor is lit up by the sun while the ground is in darkness creating a super cool effect.99710:42 AM – Dec 20, 2018

Sumber : Space.com, Kompas

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *