Astaga! 1.031 Orang Manado Terindikasi HIV

ESENSINEWS.com - Selasa/04/12/2018
Astaga! 1.031 Orang Manado Terindikasi HIV
 - ()

Esensinews.com – Memperingati Hari AIDS sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 1 Desember, Kawanua Onliners Community (KONCO) bersama Kodim 1309/Manado dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) menggelar Sosialisasi dan Pemeriksaan HIV Gratis di Makodim 1309/Manado, Senin (3/12/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, fakta mencengangkan terungkap, diantaranya warga Manado yang terinfeksi virus HIV ternyata kini berjumlah 1.031 orang.

Hal tersebut diungkapkan Jhony Wuisan selaku Pengelola Program KPA Manado.

“Kami menerima data itu dari Dinas Kesehatan kota Manado. Data pada Mei 2018, jumlahnya sudah 1.031,” ujar Jhony.

Lanjutnya, data tersebut pun diyakini hanyalah sejumlah bagian kecil, diibaratkan fenomena gunung es, terutama karena pemahaman masyarakat terkait HIV masih sangat minim sehingga masih sangat menakutkan karena belum bisa disembuhkan.

“Jumlahnya bisa lebih banyak kalau yang memeriksakan diripun lebih banyak. Siapapun bisa terkena HIV, apapun profesi, latar belakang berisiko HIV. Tapi karena pemahamannya kurang, maka yang memeriksakan diri juga masih sangat kurang. Itu sebabnya, fakta bahwa yang paling banyak mengidap HIV adalah karyawan swasta dan ibu rumah tangga yang masih diusia produktif cukup mencengangkan,” kata Jhony.

Untuk itu, KPA Sulut termasuk KPA Manado dibantu para aktivis, hingga kini terus berjuang untuk menjangkau lebih banyak orang agar informasi terkait HIV dapat diterima dengan benar.

“Kami terus berusaha untuk menjangkau banyak orang. Makanya kami berterima kasih kepada Konco karena telah menyelenggarakan giat ini dan turut membantu kami, apalagi kerjasama ini akan terus berjalan kedepan,” ucap Jhony.

 

 

 

 

 

Editor : Jerry Palohoon

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya