Ini Kata Terakhir yang Diucapkan Jamal Khasogghi Sebelum Tewas

Esensinews.com – Kata terakhir yang diucapkan jurnalis Arab Saudi,  Jamal Khasogghi dalam rekaman audio adalah dirinya tercekik oleh kantung plastik yang menutupi kepalanya.

“Saya tercekik. Ambil kantung plastik dari kepala saya. Saya penderita klaustrophobia (ketakutan berlebihan pada ruang tertutup atau ruang sempit),” kata Khashoggi seperti terdengar dalam rekaman audio yang disampaikan Kepala Investigasi harian Daily Sabah Nazif Karaman epada Al Jazeera, 11 November 2018.

Menurut Karaman, Khashoggi tewas saat kantung plastik menutup kepalanya. Kejadian ini berlangsung sekitar 7 menit hingga merengut nyawa Khashoggi.

Hal ini didasarkan pada durasi rekaman audio yang diperoleh Daily Sabah.

Tim pembunuh yang didatangkan dari Arab Saudi menutupi lantai dengan kantung plastik sebelum memutilasi tubuh Khashoggi.

Proses mutilasi berlangsung sekitar 15 menit yang dilakukan oleh Kepala Dewan Ilmuwan Forensik Arab Saudi, Salah al-Tubaigy.

Salah satu tersangka pembunuh dalam kasus tewasnya kolumnis Washington Post Jamal Khashoggy adalah dokter Salah al-Tubaigy. Dia pernah belajar di Victorian Institute of Forensic Medicine di Melbourne pada Juni 2015. ABC Net

Presiden Recep Tayyib Erdogan pada hari Sabtu, 10 November, mengatakan rekaman audio mengenai pembunuhan Khashoggi telah dibagikan kepada Arab Saudi, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Sumber Al Jazera mengungkapkan, polisi Turki segera mengakhiri pencarian jasad Khashoggi, namun penyelidikan kriminal terhadap pembunuhan Khashoggi akan dilanjutkan.

Jejak cairan asam ditemukan di rumah konsuler jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki. Penyelidik Turki menyakini jasad Khashoggi dihancyurkan di rumah konsuler ini dengan menggunakan cairan kimia.

Karaman mengatakan, Daily Sabah segera mempublikasikan foto-foto peralatan yang dibawa masuk ke Turki dan digunakan kelompok Saudi untuk membunuh Khashoggi.

Harian tersebut juga akan mempublikasikan rekaman dokumen saat terakhir hidup Khashoggi.

Ankara juga akan meminta ekstradisi bagi para tersangka pembunuh Jamal Khassoghi. Arab Saudi mengatakan telah menangkap 18 orang dan memecat 5 pejabat senior sebagai rangkaian dari penyelidikan pembunuhan jurnalis dan kolumnis Washington Post.

 

 

Berbagai sumber

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ngotot Gelar Mukernas, PPP Kubu Romi Ancam Laporkan Kubu Muktamar Jakarta

Sen Nov 12 , 2018
Esensinews.com – Kisruh di tubuh partai berlambang Ka’abah kembali menyeruak. Setelah PPP kubu Muktamar Jakarta tetap menggelar Mukernas. Padahal, sejauh ini PPP tetap kondusif. Menyikapi kisruh tersebut, pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari kubu Ketua Umum Romahurmuziy (Romi) mendesak PPP kubu Mutamar Jakarta 2015 membatalkan rencananya menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pada akhir […]