Jack Ma Kecam Perang Dagang AS-China

Esensinews.com – Jack Ma berulangkali mengecam terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) melawan China. Bahkan yang terbaru, tanpa tedeng aling-aling, pemilik raksasa e-commerce Alibaba ini mengatakan perang dagang tersebut adalah hal terbodoh di dunia.

Kedua negara telah memberlakukan tarif miliaran dolar pada beragam produk. Bahkan presiden AS, Donald Trump, mengancam akan memberlakukan tarif lagi pada ekspor China ke AS yang bernilai USD 500 miliar jika perang dagang itu tak juga terselesaikan atau mencapai titik temu.

“Perang dagang adalah hal terbodoh di dunia ini. Perdagangan adalah untuk kedamaian, untuk berkomunikasi,” kata orang terkaya China ini, yang dikutip dari CNBC.

Defisit perdagangan AS dengan China, yang menurut Trump adalah penyebab gangguan ekonomi, menurut Ma justru menciptakan lapangan kerja di AS. Tanpa kondisi itu, AS bisa berada dalam masalah besar.

Sebelumnya, Ma pernah meramal perang dagang AS melawan China berpotensi berlangsung lama. “Hal itu akan bertahan lama, akan menjadi kekacauan. Tidak hanya berlangsung 20 bulan atau 20 hari, mungkin 20 tahun,” kata dia.

“Perang dagang tidak hanya akan merusak perdagangan antara China dan AS tapi juga banyak negara lain dan bisnis-bisnis kecil,” demikian peringatan Ma di kesempatan yang lain.

Di sisi lain, Ma menambahkan bahwa pemerintah tidak seharusnya cemas terkait inovasi teknologi, bahkan jika mengancam hal-hal lama. “Pandanganku adalah, jangan cemas soal teknologi,” tutur Ma.

“Orang yang takut dengan teknologi pertama adalah orang tua, kedua pemerintah dan ketiga, orang sukses. Mereka takut dan cemas soal itu. Aku tak pernah melihat orang muda takut pada teknologi,” pungkas Ma.

Editor : Sinta Merry
0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Eddy Rahmayadi Hentar Sumut Raih Penghargaan KIP 2018

Sel Nov 6 , 2018
Esensinews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menerima Penghargaan berupa Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik. Pemberian Anugerah ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Pemerintah bersama dengan Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia kepada Pemprov Sumut yang telah melaksanaan amanah Undang–Undang No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.Penghargaan tersebut diberikan langsung […]