Breaking News

Bupati Minahasa Ingatkan Pentingnya Perencanaan dan Penyusunan Anggaran yang Efektif

Esensinews.com –  Bupati Minahasa Royke Octavian Roring bersama jajaran Pemkab Minahasa, hadir dalam Rapat Pimpinan Kegiatan Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) tahun 2018 di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu (31/10/2018).

Saat memberikan sambutan, Roy mengatakan bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigm baru ebrdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 khususnya pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut dan taat pada peraturan perundang-undangan.

“Tujuan dari hal ini adalah menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya pada lembaga pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Maka sejalan dengan implementasi otonomi daerah khususnya tentang pengelolaan keuangan daerah, telah memberikan banyak pengelaman berharga,” ujar dia.

Anggaran adalah halyang sensitif dan banya mendapat sorotan publik, demikian juga dengan penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun.

Bupati Royke Roring pun mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran akan pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Tim EPPA membeberkan bahwa ada cukup banyak kegiatan yang sudah jatuh tempo namun belum dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah.

“Kiranya hasil dari kegiatan ini jadi perhatian dan kerja sama dari pimpinan OPD, karena dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelalporan realisasi keuangan dan fisik,hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi EPPA.

Data pelaporan EPPA pada masing-masing organisasi perangkat daerah tersebut menjadi acuan pelaporan Tim EPPA Kabupaten Minahasa pada sistem informasi monitoring tepra (Sismontep) untuk provinsi dan tim Epra pusat.

 

 

Editor : Freddy M

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *