Pelaku Pembobol Bank BNI Ditangkap Polda Riau

Esensinews.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menangkap HG (37), pelaku pembobol Bank BNI. Pelaku ini memiliki keahlian dan alat khusus pembobolan uang di mesin ATM.

“Pelaku kita tangkap di rumahnya di Desa Pasar Baru, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada Minggu (21/10/2018),” ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Gidion Arif Setyawan kepada wartawan, Jumat (26/10/2018).

Dia menjelaskan, pelaku membobol Bank BNI dan berhasil mengambil uang tunai sebesar Rp 563 juta.

“Modus pelaku dengan cara menggesek ATM BNI miliknya ke mesin EDC (elektronik data capture). Kemudian uang ditransfer ke rekening istrinya, yakni Bank BRI Syariah, Bank Mandiri dan BCA,” ucap Gidion.

Uang yang ditransfer pelaku, lanjut dia, akan bertambah di rekening penerima, namun di rekening pengirim tidak berkurang dan di mesin EDC transaksi batal.

Kasus seperti ini sangat jarang ditemukan di Riau, maupun di Indonesia. Namun, pelaku sendiri sudah beraksi berulang kali sebelum diciduk polisi.

“Pelaku melakukan aksi tersebut sejak tanggal 3 sampai tanggal 6 Oktober 2018. Pihak Bank BNI dirugikan Rp 563 juta,” jelas Gidion.

Sementara uang yang berhasil didapat dari aksi kejahatan itu digunakan pelaku untuk kebutuhan pribadi dan membuat usaha.

“Pelaku membeli mobil sebesar Rp 100 juta. Kemudian, membeli bahan bangunan untuk membangun ruko usaha, bayar utang pinjaman di Bank BRI Rp 250 juta, dan tersimpan Rp 125 juta,” terang Gidion.

Dia mengatakan, barang bukti hasil penggeledahan di rumah pelaku, ditemukan sejumlah buku tabungan, ATM, token internet banking, ponsel, laptop, mesin EDC dan lainnya.

Pelaku, kata Gidion, saat ini ditahan di Ditreskrimsus Polda Riau.

“Pelaku dijerat dengan Pasal 85 Jo Pasal 82 UU nomor 3 tahun 2011 tentang transfer dana, dengan ancaman lima tahun penjara dan denda lima miliar rupiah,” tutup Gidion.

 

Sumber : Kompas.com

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengamat TePI : Banyak Aturan Kampanye yang Belum Jelas

Jum Okt 26 , 2018
Esensinews.com – Hingga saat ini, masih ada saja pelanggaran kampanye terjadi di lapangan. Menanggapi hal itu Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampow menjelaskan sejauh ini masih banyak aturan kampanye yang masih belum jelas. “Hal ini mengakibatkan kebingungan dari para peserta pemilu. Buntutnya ditemukan sejumlah pelanggaran dalam tahapan kampanye Pemilu […]