Tingkatkan Pembangunan di Minahasa, Roy Roring Jalin Kerja Sama Sister City

Esensinews.com – Di sela-sela waktu keikutsertaan dalam kegiatan Konferensi Danau se-Dunia di Jepang, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi memanfaatkan waktu luang dengan mejajaki kerja sama sister city dengan pihak-pihak berkompeten negara tersebut.

Roring sendiri mengunjungi Ministry of Foreign Affair of Japan (MOFA) atau Kantor Kementerian Luar Ngeri Jepang yang berlokasi di Kota Tokyo, Selasa (16/10/2018) kemarin.

Pada kesempatant tersebut, Bupati Roring bertemu dengan tokoh-tokoh pentig seperti Director Second Southeast Asia Division (Brunei, Indonesia,Malaysia, Filipina, Singapura dan Timor Leste) Mr Shingo Miyamoto, Deputy Director Mr Moyatsu Tanaka,Prof Dr Bambang Rudyanto dari WAKO University dan Hiromi Seto dari PCI di Jepang.

“Kami membahas mengenai Danau Tondano dan kerjasama Sister City. Menurut saya itu akan membawa dampak positif bagi daerah. Maka dari itu pemerintah berencana menjai kerja sama ini dengan harapan akan membantu fungsi pemerintah dalam membina masyarakat untuk turut serta secara aktif dalam pembangunan,” tandas Roring.

Ditambahkannya, kerjasama sister city merupakan persetujuan antara dua kota atau daerah, negara bagian atau prefektur yang memiliki satu atau lebih kemiripan karakteristik, dimana kedua daerah yang dimaksud ada di dua negara yang berbeda.

“Kemiripan yang dimaksud antara lain adalah budaya, latar belakang sejarah atau apabila dilihat dari segi geografis kedua daerah sama-sama sebagai sentra pertanian, pantai maupun daerah kepulauan. Kerjasama ini diarahkan untuk penyelenggaraan hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan antara kedua daerah,” jelas Roring.

Dalam lawatannya kedepan ke Japang, Bupati Roring juga merencanakan pertemuan dengan warga Minahasa yang berada di Kota Oarai.

 

Editor : Jerry Palohoon

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *