Breaking News

Jepang Dominasi Bulutangkis Dunia

Kekuatan bulutangkis saat ini, bukan lagi ada pada China. Pasalnya, cabang olahraga ini, hampir 1 bahkan 2 dekade dirajai oleh negeri Tirai Bambu ini. Mereka punya tunggal putra tak terkalahkan Lin Dan dan Cheng Long. Keduanya langganan juara diberbagai turnamen. Bahkan, di ganda putra ada Cai Yun/Fu Haifeng.

Prestasi Lin Dan hanya bisa diimbangi dengan pebulutangkis Lee Chong Wei dari Malaysia serta juara dunia 2005 asal Indonesia Taufik Hidayat.

Hampir semua gelar sudah disabetnya. Lin Dan saja sudah berhasil 2 kali menang di Olimpiade dan juga juara 6 kali di event bergengsi All England. Pada tahun 2014, dia pernah jadi pemain tunggal putra bulutangkis nomor 1 di dunia.

Begitu pula Chen Long. Ia lahir pada 18 Januari 2018, dan di Olimpiade London yang lalu, dia berhasil membawa pulang medali emas. Chen Long juga pernah jadi pemain tunggal pertama nomor 1 dunia pada tahun 2014.

Tapi saat ini, kedua “The King of Badminton” dunia, harus mengakui keunggulan Kento Momota.

Kendati Kento hampir 2 tahun absen di dunia bulutangkis, namun kini ia sudah menggeser posisi Viktor Axelsen di peringkat pertama dunia.

Jepang sendiri menempatkan 5 pasangan di 10 besar BWF ganda putra, 2 tunggal putri, 2 tunggal putra, 3 ganda putra dan 1 ganda campuran. Mereka pun mengalahkan Cina untuk ganda putri.

Betapa tidak, 5 pasangan ganda putri mereka menjadi terkuat diantaranya; Yuki Fukushima/Sayaka Hirota peringkat 1, Diperingkat ke-2 Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara (5), Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto (6).

China sendiri hanya memiliki satu pasangan di 10 besar dunia yakni Chen Qingchen/Jia Yifan diposisi ketiga dunia.

Di tunggal putri mereka punya dua pebulutangkis handal di 10 pemain top dunia Akane Yamaguchi peringkat 2 dan Nozomi Okuhara (7).

Dinomor ganda putra negeri Matahari Terbit ini menempatkan 3 ganda mereka, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (4), Takuto Ineou/Yuki Kaneko (9) dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (10).

Secara keseluruhan Jepang memiliki 13 wakil, China 10 yakni, 2 tunggal putra, 3 ganda campuran, 2 tunggal putri ; Chen Yufei (4), He Bingjiao (8), ganda putra Li Junhui/ Liu Yuchen (2), Li Chen/Zang Nan (3). Sedangkan pada nomor ganda putri Chen Qingchen/Jia Yifan (3), Ganda campuran Zheng Ziwei/Hua Yaqiong (1), Wang Yilyu/Huang Dongping (2) dan Zhanh Nan/Li Yunhui (6).

Sementara, Jepang menjadi negara paling banyak merebut gelar baik itu kelas, internasional, gold, superseries sampai superseries premier.

Diposisi kedua ada China. Dan Indonesia berada diposisi ke-3.

 

Editor : Divon

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *