Breaking News

Radikalisasi di 17 Penjara Spanyol Dibongkar Polisi

Esensinews.com – Kepolisian Spanyol berhasil membongkar sebuah kelompok yang diduga melakukan indoktrinasi dan merekrut calon teroris di 17 penjara.

“Polisi menanyai 25 narapidana di penjara berbeda yang diduga merupakan anggota ISIS yang bertugas untuk meradikalisasi narapidana,” demkikian Kementerian Dalam Negeri Spanyol, Selasa (2/10/2018).

Sebagian besar narapidana yang diperiksa berkebangsaan Maroko atau warga Spanyol keturunan Maroko. Sisanya adalah warga Spanyol dan Denmark.

Jarinag ini, yang terdiri atas para tahanan yang teradikalisasi di balik jeruji besi, juga berupaya membentuk persatuan narapidana kasus terorisme yang dinamai “Front Penjara”.

Kemendagri Spanyol tidak memberikan rincian terkait kegiatan kelompok ini tetapi sumber-sumber unit anti-terorisme mengatakan, kelompok tersebut tidak memiliki rencana konkrit untuk melakukan serangan.

Kelompok ini hanya mencoba untuk membangun rasa ingin melawan terhadap para petugas penjara.

Hal lain adalah, beberapa anggota kelompok ini sebenarnya akan dibebaskan dalam waktu dekat.

Meski investigasi dimulai dengan fokus pada seorang narapidana di satu penjara, tetapi nyatanya kegiatan ilegal ini ada di 17 penjara,” tambah Kemendagri.

“Ini berarti 55 persen dari seluruh penjara yang menampung para narapidana kasus-kasus terorisme,” masih Kemendagri Spanyol.

Sejumlah studi internasional menunjukkan radikalisasi di dalam penjara menjadi masalah tersendiri di berbagai negara mulai dari Inggris hingga Amerika Serikat.

 

 

Sumber : AFP

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *