Panik Gempa, Warga Pesisir Sinjai Mengungsi

Esensinews.com – Pascagempa tektonik magnitudo 3,1 mengguncang wilayah pesisir Sinjai, Senin (01/10/2018) malam, warga pesisir Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, panik.

Mereka berhamburan ke luar rumah dan sebagian mengungsi, seperti dilansir dari kompas.com Selasa (2/10/2018) dini hari. Khususnya warga pesisir kabupaten Bone, dari bone bagian selatan hingga Bajoe dan sekitarnya.

Dikutip dari Tribun Timur di Bajoe, Selasa dini hari, ratusan warga memadati pinggir jalan dan mengungsi ke rumah kerabat yang lebih jauh dari area pesisir.

Salah satu warga Kelurahan Lonrae, Usman mengatakan, kondisi tersebut disebabkan isu akan terjadi gempa dan tsunami.

“Kondisi air laut tiba-tiba surut tak seperti biasanya, olehnya itu warga di sekitar sini sudah ada yang mengungsi,” kata Usman.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone dan Basarnas Bone langsung turun ke lokasi menenangkan kepanikan warga.

Kepala BPBD Bone Bahar Kadir mengaku mendapatkan instruksi dari Bupati Bone untuk terjun langsung ke lokasi.

Dari pantauan kami memang ada sejumlah warga yang berada di sekitar pesisir teluk Bone panik dan keluar rumah,” kata Bahar Kadir.

Namun sejauh ini pihaknya memastikan tidak ada potensi tsunami terjadi di Kabupaten Bone pascagempa Sinjai.

‚ÄúSurut itu terjadi cuman karena faktor gelombang, bahwa kondisi aman, air laut aman, dan tidak ada potensi gempa untuk bergeser daerah lain. Itu hasil koordinasi kami dengan BMKG Regional IV Makassar,” ucap Bahar.

mengimbau agar masyarakat tidak panik terkait isu gempa dan tsunami tetapi tetap waspada.

 

 

Editor : Oddy

 

 

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengurus Besar MDHW akan Gelar Doa Bersama untuk Bencana Gempa dan Tsunami di Sulteng

Sel Okt 2 , 2018
Esensinews.com – Gempa bumi yang diikuti tsunami di Wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah mengundang duka. Tak terkecuali Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Whaton (PB MDHW) yang turut merasakan duka masyarakat yang terkena bencana. Duka mendalam itu diungkapkan Sekjend PB MDHW, Hery Haryanto Azumi. Menurut Hery, bangsa Indonesia tengah diuji […]