Breaking News

Ganggu Pemilu, AS Berang Terhadap China

Esensinews.com – Presiden Donald Trump menuduh China mengganggu pemilu sela Amerika Serikat (AS) untuk merusaknya secara politik karena taktik kerasnya dalam perdagangan. Hal itu dikatakan Trump di Dewan Keamanan PBB, di mana ia memimpin jalannya pertemuan tersebut.

“Mereka tidak ingin saya atau kami (Republik) menang, karena saya presiden pertama yang pernah menantang China dalam perdagangan,” kata Trump seperti dikutip dari New York Times, Kamis (27/9/2018).

Trump telah menuduh Cina dari pemilihan sebelumnya, tetapi tidak pernah begitu blak-blakan atau dalam even internasional yang tinggi. Ia tidak memberikan bukti bagaimana Cina mungkin mencampuri, atau apakah taktiknya melampaui mencoba mempengaruhi pertempuran atas perdagangan.

Sebelumnya, Trump telah menuduh orang-orang China mengarahkan tarif kepada para petani Amerika, pekerja, dan konstituen sensitif politik lainnya di negara-negara yang mendukungnya.

“China secara aktif mencoba mempengaruhi dan mengubah pemilu kami dengan menyerang petani, peternak dan pekerja industri kami karena kesetiaan mereka kepada saya,” cuit Trump pada pekan lalu.

Trump baru-baru ini mengenakan tarif atas tambahan USD200 miliar atas barang-barang Tiongkok yang memancing pembalasan dari Tiongkok, karena dua ekonomi terbesar dunia berputar ke dalam perang dagang yang semakin dalam.

Sebaliknya, Presiden AS itu tidak mengatakan apa-apa tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016, yang termasuk kampanye canggih memanipulasi media sosial dan merilis email yang diretas.

Ia juga tidak menyalahkan Rusia, bersama dengan Iran, untuk memungkinkan “pembantaian” yang dilakukan Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

Meskipun begitu ia juga berterima kasih kepada negara-negara itu karena setuju untuk menangguhkan, setidaknya untuk sementara, serangan mereka terhadap kubu pemberontak di Idlib guna mencegah krisis kemanusiaan.

 

 

Berbagai sumber

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *