Marlina Bakal Bersaing dengan 90 Film dalam Seleksi Best Foreign Language Oscar 2019

Esensinews.com – Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak  karya sutradara Mouly Surya bersiap menuju proses seleksi nomine Best Foreign Language Film Academy Awards 2019.

Produser Marlina, Fauzan Zidni, memperkirakan ada 90 film yang akan diseleksi dalam kategori tersebut.

“Kita bersaing dengan kira-kira 90 film dari negara lain,” ujar Fauzan kepada Kompas.com saat dihubungi via telepon, Rabu (19/9/2018).

Sementara ada sekitar 400 anggota penyeleksi untuk kategori Best Foreign Language Film Academy Awards ke-91. Untuk itu, lanjut Fauzan, pihaknya sedang merancang langkah selanjutnya agar ratusan orang itu bisa menyaksikan film Marlina.

“Itukan kami harus me-reach mereka kan, gimana supaya mereka nonton. Untuk mendapatkan perhatian 400 orang, sementara ada 90 pihak yang berusaha juga kan juga bukan perkara yang mudah,” kata Fauzan.

“Kalau saya sebagai produser kami kan harus merencanakan kampanye kan. Teknisnya gimama saya juga enggak tahu. Kami baru merasain sekarang. Kami masih menunggu arahan dari distributor kami sama nanti baru direncanakan proses-prosesnya,” imbuhnya.

Ia berharap rekam jejak film Marlina yang pernah tayang di jaringan bioskop Amerika awal 2018 bisa membantu “kampanye” tersebut. Marlina pernah tayang selama tiga pekan di New York, satu pekan di Los Angeles, dan satu pekan di Chicago.

“Itu cukup membantu sih. Coverage dari media dan review di Amerika juga lumayan banyak, tapi mesti diperbanyak lagi. Saat ini di Rotten Tomatos kami ada 35 review internasional. Terus isu filmnya, #metoo movement lagi gencar-gencarnya. Marlina kan bercerita tentang perjuangan perempuan, jadi ya semoga,” ujar Fauzan.

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina the Murderer in Four Acts berkisah tentang seorang janda asal Sumba bernama Marlina (Marsha Timothy) yang memenggal kepala seorang perampok, Markus (Egi Fedly), yang menyatroni rumahnya.

Marlina kemudian membawa kepala si perampok dalam sebuah perjalanan ke kantor polisi.

Sebelum tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 16 November 2017, film Marlina sudah melanglang buana di berbagai festival film. Di antaranya Cannes dan Toronto International Film Festival 2017.

Marlina juga mendapat kesempatan didistribusikan ke 18 teritori di Amerika, Eropa, dan Asia. Pada awal 2018 lalu, film tersebut tayang di jaringan bioskop Amerika Serikat dan Kanada.

Berbagai penghargaan internasional pernah pula film Marlina raih, yakni penghargaan sebagai skenario terbaik pada FIFFS Maroko edisi ke-11. Serta penghargaan sebagai film terbaik Asian Nest Wave dari The QCinema Film Festival, Filipina.

Selanjutnya, Marlina memenangi penghargaan NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival 2017.

Marsha Timothy sebagai bintang utama juga meraih penghargaan sebagai aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival, mengalahkan aktris Hollywood, Nicole Kidman.

 

Sumber : Kompas.com

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Ganda Putra Indonesia Melaju ke Perdelapan Final China Open

Rab Sep 19 , 2018
Esensinews.com – Tiga ganda putra Indonesia lolos ke babak perdelapan final turnamen bulu tangkis China Open 2018. Mantan ganda terbaik dunia Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan tampil impresif dengan menyingkirkan ganda tuan rumah Luu Cheng/Zhang Nan 21-19, 21-4. Sedangkan ganda putra lainnya Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama menyingkirkan ganda masa depan Jepang sekaligus […]