Korban Tewas Akibat Gempa Kuat di Jepang Utara Bertambah

Esensinews.com – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan sedikitnya 16 orang telah tewas dan 26 lainnya hilang setelah gempa berkekuatan 6,7 SR yang mengguncang pulau di bagian utara, Hokkaido seperti dikutip VoaIndonesia.

Petugas penyelamat, dengan menggunakan bulldozer dan anjing pelacak, bekerja sepanjang Jumat ini untuk mencari para penyintas.
Sistem kereta api Hokkaido dan bandara utamanya, New Chitose Airport, tutup setelah gempa hari Kamis, tetapi telah mulai kembali beroperasi.

Hampir separuh dari 3 juta rumah di pulau itu masih mengalami listrik padam. Para pejabat memperingatkan bahwa mungkin perlu waktu satu pekan sebelum aliran listrik pulih.

Dinas Meteorologi Jepang menyatakan pusat gempa, yang mengguncang pada kedalaman 40 kilometer, berlokasi di sebelah timur kota Tomakomai. Gempa ini memicu tanah longsor besar-besaran yang menimbun ratusan rumah dan menimbulkan aliran lumpur yang melalui jalan-jalan desa.

Tiga reaktor di PLTN Tomari sedang ditutup untuk pemeriksaan keselamatan rutin sewaktu gempa terjadi. Para pejabat mengatakan para petugas kemudian menggunakan generator cadangan.

Pada Maret 2011, gempa bumi dan tsunami melanda Jepang Timur Laut, merusak PLTN Dai-ichi di Fukushima.

Jepang terletak di kawasan Cincin Api, suatu kawasan patahan lempeng bumi di Samudra Pasifik yang secara seismik aktif, yang membuat kawasan itu rawan gempa bumi dan aktivitas gunung berapi.

 

Editor : Syafrizal

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Serena Williams akan Gunakan Teknik Federer pada Final US Open 2018

Jum Sep 7 , 2018
Esensinewz.com – Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, mengaku akan menggunakan teknik rahasia milik Roger Federer pada final US Open 2018. Mantan ratu tenis dunia ini akan berhadapan dengan Naomi Osaka (Jepang) untuk memperebutkan gelar juara pada Sabtu (8/9/2018) petang waktu Amerika Serikat atau Minggu pukul 03.00 WIB. “Saya telah belajar […]