KPK Didesak Usut Dugaan Konspirasi Jahat Lelang Pengadaan Tenda di Kementerian Perdagangan

Esensinews.com – Ketua Umum Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI), Arifin Nur sampaikan berdasarkan informasi pelelangan dengan pagu sebesar ‪17.625.000.000 rup‬iah tertanggal lelang 23 Juli 2018 (LPSE Kemendag) terkait dengan pelaksanaan pelelangan tersebut, menyampaikan bahwa Pertama (1) spesifikasi tenda dagang didapatkan dari beberapa Perusahaan yang berencana mengikuti Pelelangan, dengan jumlah pengadaan tenda sebanyak 7050 unit , artinya jika dikulakulasikan maka rata-rata harga perunit sebesar Rp, 2,490,000 ( dua juta empar ratus Sembilan puluh ribu rupiah).

“Setelah mempelajari terhadap spesifikasi dan gambar tenda dagang tersebut, dan kami melakukan survey ke beberapa tempat yang menjual dan memproduksi, kami sangat kaget ternyata harga yang sesuai dengan spek tersebut rata-rata Rp 1.200.000 sd Rp 1.300.000,- jelas sangat merugikan Negara,” papar Arifin Nur seperti dikutip dari Lapan6online pada Jumat (31/8/2018) petang.

Spesifikasi tenda dagang tersebut sangat sederhana, bahkan terkesan sangat tidak sempurna. Sebagai contoh, pada gambar dan spek tidak terdapat rangkat atap tenda sebagai penopang terpal, di spek menggunakan tiang tengah sepanjang 150 cm dan di topang sling sebagai dudukan tiang.

“Ini sudah tidak bener, harusnya dengan anggaran tersedia sangat mencukupi pembuatan rangka atap dan dudukan tiang dari besi bukan dari sling, hingga lebih kuat dan lebih kokoh dan tahan lama,” bebernya.

Sementara sebagai pembanding, KAKI lakukan pengecekkan pengadaan tenda dagang tahun sebelumnya tahun 2017 oleh kementerian perdagangan, didapat rangka tenda yang sangat kokoh ditopang oleh rangka atap dan dan besi sangat kuat.

Ditambah, timpalnya sedari desain dan spek yang ada sangat tidak pantas karena konstruksi bangunan rangka tenda nya tidak kokoh dan terpal sebagai atap tenda tidak punya kekuaatan apa-apa, sangat jelas ini kalau dibiarkan akan berpotensi merugikan Negara sekitar Rp 6 sampai Rp 7 milyar.

 

Editor : M Ridhwan

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kemenkop dan UKM Sambut baik Pengelolahan Sampah Melalui PKBS

Sel Sep 4 , 2018
Esensinews.com – Ditempat terpisah, Deputi Kelembagaan Kemenkop & UKM, Untung Tri Basuki, saat dimintai tanggapannya mengenai pengelolaan sampah lewat PKBS, menyambut baik hal itu. Untung mengatakan, dirinya sudah sangat memahami apa yang menjadi inti pokok maksud dan tujuan PKBS, pihaknya siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk membuka PKBS dan memberikan fasilitas-fasilitas […]