Litbang Tanaman Pangan Kementan Bantah Pernyataan Dwi Andreas Santosa

ESENSINEWS.com - Sabtu/25/08/2018
Litbang Tanaman Pangan Kementan Bantah Pernyataan Dwi Andreas Santosa
 - ()

Esensinews.com – Merespon klaim pengamat pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa, yang membuat pernyataan tentang komoditas pangan/pertanian Indonesia ke depan dan menyebut salah satu komoditas, yakni ekspor jagung adalah hal yang sangat rutin dan tidak perlu dibanggakan.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Moh. Ismail Wahab sangat menyayangkan pernyataan tersebut.

Ismail menegaskan, sejatinya, ekspor jagung sangat bermanfaat untuk petani, karena merupakan salah satu pendongkrak peningkatan pendapatan.

Meningkatkan produksi komoditi pertanian bukanlah satu-satu nya strategi Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani, namun peningkatan pendapatan petani melalui ekspor juga disasar agar kesejahteraan yang diinginkan lebih cepat dapat dirasakan oleh petani, tutur dia.

“Kementerian Pertanian memastikan produksi jagung nasional 2018 dalam kondisi surplus. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terlihat tren peningkatan produksi jagung nasional secara signifikan,” tegas Ismail di Jakarta, Sabtu (25/8/2018).

Tercatat, tahun 2014 produksi jagung di Indonesia sebesar 19,0 juta ton. Peningkatan produksi mulai terjadi pada 2015 menjadi 19,6 juta ton, tahun 2016 sebesar 23,6 juta ton, dan pada 2017 produksi jagung mencapai 28,9 juta ton. Peningkatan ini diperkirakan masih akan terjadi di tahun 2018, dengan tingkat produksi rata-rata 5,2 ton per hektar dan luas panen sampai akhir Desember nanti diperkirakan akan mencapai 5,74 juta hektar.

“Jadi, produksi jagung tahun ini diperkirakan bisa melebihi produksi tahun lalu dengan capaian lebih dari 29 juta ton,” beber Ismail.

Dengan produksi yang baik tersebut, sambung Ismail, Kementan juga mengeluarkan kebijakan untuk menjaga harga dengan menaikkan harga pembelian pemerintah dari Rp.2.200 menjadi Rp. 3.150 per kg jagung pipil. Sehingga petani tetap terus diuntungkan.

“Jadi walaupun melimpah produksi, petani terjamin pendapatannya, sehingga membuka peluang ekspor, yang dapat lebih meningkatkan pendapatan petani,” kata Ismail.

Lebih jauh Ismail menjelaskan, produksi yang sangat meningkat signifikan juga merupakan realisasi dari program ekstensifikasi lahan pertanaman jangung secara nasional. Alhasil, lahan pertanian di luar Pulau Jawa dapat dimanfaatkan pula untuk pertanaman jagung, karena budidaya jagung relative lebih mudah dilakukan oleh petani dengan input terbatas. Program ekstensifikasi ini juga untuk menjawab kebutuhan bahan pakan ternak di luar pulau Jawa.

Data menunjukkan dari total produksi tersebut, hampir sekitar 59,2 persen jagung akan berasal dari luar Jawa dan 40,8 persen berasal dari Jawa.

“Klaim Pak Andreas juga tidak benar lagi. Hal ini mengingatkan saya, saat menjadi Kepala BB Padi, tahun 2017 lalu, Prof Andreas yang menjabat sebagai ketua Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) pernah bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) dan kerjasama langsung dihentikan BB Padi karena ternyata AB2TI tidak memahami prosedur dan kaidah standar pelepasan varietas,” ungkap Ismail.

Dia menegaskan Kementan terus bekerja untuk kesejahteraan petani. Mungkin pekerjaan ini masih harus terus ditingkatkan, tapi jika baik ya harus dikatakan baik.

“Karena niat untuk mensejahterakan petani ini sudah mandarah daging untuk Kementerian Pertanian, tidak perlu diragukan dan ditawar-tawar lagi,” tandasnya.

Editor : Rinaldo

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

Gerindra Restui Mahfud MD jadi Cawapres Jokowi

Gerindra Restui Mahfud MD jadi Cawapres Jokowi

Banyak Buat Kesalahan, Departemen Kehakiman AS Luncurkan Aplikasi Penyadapan Telepon FBI

Banyak Buat Kesalahan, Departemen Kehakiman AS Luncurkan Aplikasi Penyadapan Telepon FBI

Bandar Narkoba Diringkus Polisi di Kampar Kiri

Bandar Narkoba Diringkus Polisi di Kampar Kiri

BW Berjanji akan Berjuang Sampai Keluhan Warga Terealisasi

BW Berjanji akan Berjuang Sampai Keluhan Warga Terealisasi

Marzuki Alie : Rizal Ramli Tokoh yang Mampu Bawa Indonesia ke arah Lebih Baik

Marzuki Alie : Rizal Ramli Tokoh yang Mampu Bawa Indonesia ke arah Lebih Baik

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya