Breaking News

Zumi Zola Hadapi Sidang Gratifikasi dan Kasus Suap di Pengadilan Tipikor Jakarta

Esensinews.com – Hari ini, Kamis (23/8/2018) Gubernur non-aktif Jambi, Zumi Zola (ZZ) akan di sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Sidang perdana terhadap mantan Bupati Jabung Timur tersebut terkait dua kasus korupsi.

Sidang terhadap dirinya yakni pembacaan dakwaan terkait gratifikasi dan kasus suap. Dakwaan suap dan gratifikasi Zumi Zola akan digabung menjadi satu. “Iya. Sidang pertama ZZ‎ dengan agenda pembacaan dakwaan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah Kamis (23/8/2018).

Disisi lain, kuasa hukum Zumi Zola, Muhamad Farizi menyatakan kliennya sudah siap untuk menghadapi sidang perdananya. Kata Farizi, Zumi Zola tidak mempersiapkan apapun untuk mendengarkan pembacaan dakwaan oleh tim jaksa penuntut‎ pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Acaranya pembacaan dakwaan oleh Jaksa. Terdakwa tidak harus menyiapkan apapun. Hanya perlu datang dan dengar,” singkat Farizi seperti dikutip Sindonews.com.

Sidang perdana Zumi Zola sendiri akan dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim Yanto dengan didampingi empat anggotanya yakni, Frang‎ky Tambuwun, Syaifuddin Zuhri, Anwar, dan Titi Sansiwi.

Rencananya, sidang akan digelar pukul 09.00 WIB dengan nomor perkara‎ 72/Pid.Sus/TPK/2018 atas nama Zumi Zola Zulkifli.

Zumi Zola sendiri tersandung dua kasus korupsi sekaligus. Pertama, Zumi terjerat kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi tahun anggaran 2017 dan 2018. Zumi diduga mengetahui dan menyetujui pemberian suap yang disebut uang ketok palu kepada sejumalh anggota DPRD.

Kemudian, pada kasus keduanya, Zumi tersandung kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait pengerjaan proyek-proyek‎ pada Dinas PUPR Jambi tahun anggaran 2014-2017. Dalam perkara gratifikasi ini, Zumi ditetapkan bersama dengan Plt Kadis PUPR Jambi, Arfan.

 

Editor : Rezky FM

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *