TP4D Kawal Pembangunan Proyek Pemkot Banjarmasin

Esensinews.com – Pelaksanaan proyek yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dikawal oleh Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kota Banjarmasin  senilai Rp163,5 miliar.

Kasi Intelijen Kejari Banjarmasin, Herwanto, menuturkan, proyek itu berasal dari  berbagai SKPD lingkup Pemko Banjarmasin. Diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) kota Banjarmasin, Dinas Pendidikan. Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja, serta Dinas Kesehatan.

Item proyek tersebut beragam, mulai dari pengerjaan jalan, trotoar, gedung sekolah hingga pembangunan rumah sakit  “Saya tidak hapal rincian dan nama proyeknya, yang pasti nilainya totalnya Rp163,6 miliar total keseluruhan,”  jelas Herawanto diruang kerjanya.

Dikatakannya, bahwa proyek beranggaran fantastis itu sebagian telah terealisasi, sementara sebagian lagi masih tahap pengerjaan mengejar kontrak akhir.

“Sejauh ini tidak ada pelanggaran-pelanggaran hukum yang bisa menyebabkan kerugian negara, yang kami temukan. Alhamdulillah masih berjalan pada koridor hukumlah,”ucapnya.

Dijelaskan Herwanto, keterlibatan pengawasan dan pengawalan dilakukan TP4D  terhadap pembangunan fisik yang sedang dilakukan dinas Kota Banjarmasin tergantung permintaan‎. Bila ada permohonan, TP4D Kejari Banjarmasin siap melakukan pengawalan, sehingga tidak terjadi kerugian negara saat kegiatan.

Herwanto juga menyatakan, bila nantinya ada temuan-temuan yang mengarah merugikan negara, TP4D tidak bergerak sendiri akan tetapi akan konsolidasikan bersama, seperti dengan pihak Inspektorat Kota Banjarmasin yang berfungsi sebagai pengawas internal.‎

“Apakah akan direkomendasikan untuk diperbaiki atau rekomendasi yang lain akan dibahas dalam tim. Intinya, jangan sampai kegiatan menimbulkan kerugian negara yang bisa timbul tidak sesuai volume atau spesifikasinya dan itulah yang kita evaluasi,” tegasnya.

 

Editor : Ady Wiryawan

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *