Malang Diguncang Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan 5,2 SR

Esensinews.com РSetelah gempa meluluh-lantakan Lombok, NTB kali ini gempa bumi tektonik tersebut menguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa Timur (Jatim).

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Pusat, Rahmat Triyono, Rabu, (08/8/2018) Pukul 13.09.25 WIB.

Lanjut kata Rahmat, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,1.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,92 LS dan 112,41 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 42,” ucapnya ketik via WhatsAppnya, Rabu (8/08/2018).

Selain itu ujarnya gempa bumi selatan di Jawa Timur ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal. Ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Sambungnya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault).

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan telah dirasakan oleh masyarakat di daerah Malang, Karangkates dan Blitar pada skala II SIG-BMKG (III MMI), Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta, Kuta pada skala I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

“Hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya.

 

Editor : Salamun Sofian

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kisruh Mahar, Program Pembiayaan Parpol Rizal Ramli Solusinya

Kam Agu 9 , 2018
Esensinews.com  Situasi politik kembali ramai karena berita perseteruan elit Demokrat dan Gerindra terkait penentuan cawapres. Awal permasalahannya, Wasekjen Demokrat Andi Arief sebelumnya menuduh bahwa PAN dan PKS sudah masing-masing terima Rp500 M dari Sandiaga Uno untuk mendukung kursi cawapres Prabowo diberikan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut. Andi Arief saking emosinya […]