Bupati Gayo Minta Dinkes Tunda Pemberian Vaksin Measles Rubella

Esensinews.com – Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru, meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues untuk menunda sementara pemberian vaksin Measles Rubella (MR) dan campak di Kabupaten Gayo Lues. Keputusan ini dikeluarkan karena vaksi tersebut belum punya sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal itu ditegaskan Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru, Rabu (08/08/2018), Kita sikapi adanya Surat Edaran (SE) MUI Pusat, dan Himbauan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Gayo Lues yang menyatakan vaksin Campak/ MR belum mendapatkan fatwa halal dari LP-POM MUI Pusat.

“Sebagai negeri bersyariah kita patuh pada himbauan ulama kita, kita minta ke jajaran Dinkes untuk jeda imunisasi MR sampai keputusan lebih lanjut dari pemerintah dan MUI serta MPU, saya menilai ini hanya persoalan sertifikasi halal saja, saya yakin ini halal sehinggga bagi anggota keluarga yang sudah di suntik MR tidak perlu resah dan khawatir berlebihan,” jelasnya.

“Kita sudah minta ke Dinas terkait, agar menunda dulu pelaksanaan imunisasi vaksinasi Campak/ MR bagi pelajar di Kabupaten Gayo Lues. Kita menunggu adanya kejelasan dari fatwa MUI apakah vaksin Campak/MR dibolehkan atau tidak nantinya, ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan MPU Gayo Lues, dan Dinkes Kabupaten Gayo Lues, agar menunda pelaksanaan imunisasi vaksin tersebut ke pelajar di Kabupaten Gayo Lues,” tegas Bupati H. Muhammad Amru, di Blangkejeren Rabu, (08/8/2018).

Selain itu dikatakannya, sesuai kesepakatan pelaksanaan imunisasi Campak MR ditunda, sampai adanya fatwa MUI terkait boleh tidaknya vaksin tersebut digunakan ke pelajar di Kabupaten Gayo Lues.

Selain itu, kita juga sudah mengintruksikan agar menunda pelaksanaan imunisasi Campak/ MR. Apalagi di SE MUI Pusat secara tegas dibunyikan, agar masyarakat muslim tidak ikut dalam proses penyuntikan imunisasi vaksinasi Campak/MR hingga adanya keputusan resmi dari LP-POM MUI Pusat.

Sementara kata dia, Pemkab dan instansi terkait di Kabupaten Gayo Lues sudah sepakat, menunda imunisasi vaksin Campak/ MR kepada para pelajar di Gayo Lues hingga adanya keputusan MUI pusat, jelasnya.

 

Editor : Abdiansyah

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *