Ini Penjelasan BMKG Terkait Udara Panas Serta Angin Kencang di Wilayah Ciayumajakuning

ESENSINEWS.com - Selasa/07/08/2018
Ini Penjelasan BMKG Terkait Udara Panas Serta Angin Kencang di Wilayah Ciayumajakuning
 - ()
Editor

 Esensinews.com – Warga Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang terletak di wilayah bagian timur Provinsi Jawa Barat belakangan ini kerap merasakan suhu udara kian panas disertai angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Sta. BMKG Kelas III Jatiwangi, Kabupaten Majalengka menerangkan angin kencang yang dirasakan warga masyarakat Majalengka dan sekitarnya kembali berangsur normal , 5 – 30 km/jam dari sebelumnya antara 10 – 20 knot ( 20 – 40 km/jam).

“Arah angin bergerak dari arah Timur hingga Selatan menuju ke Barat hingga Utara,” kata Kepala Sta. BMKG kelas III disampaikan forecaster cuaca BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn, Selasa, (07/8/2018).

Selain itu, masih kata dia, diperkirakan masuk awal musim hujan di wilayah Ciayumajakuning  akan tiba diakhir bulan Oktober terjadi di wilayah Kuningan dan Majalengka bagian selatan. Kemudian pada awal November akan terjadi di Cirebon dan Majalengka disekitar bagian Tengah-Utara. Kemudian akhir bulan November terjadi di wilayah Indramayu.

“Hal ini mengingat sifat massa udara bergerak dari daerah yang memiliki tekanan udara tinggi menuju daerah memiliki tekanan lebih rendah. Semakin tinggi selisih tekanan udara antara dua daerah, maka kecepatan gerak massa udara juga akan semakin tinggi,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia berpesan agar warga Ciayumajakuning lebih waspada saat akan beraktivitas di luar ruangan. “Masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti papan reklame, baliho, pohon rindang yang berpotensi roboh/tumbang dan pengguna jalan saat berkendara serta pengguna jasa transportasi penyeberangan laut diharapkan waspada terhadap potensi gelombang tinggi tersebut.

 

Peliput : Sigit

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya