Breaking News

Senam Poco-poco Gunakan Motif Tenun Minahasa

Esensinews.com – Warga Sulawesi Utara (Sulut) patut berbangga. Pasalnya, motif tenun Minahasa yang digunakan saat pemecahan rekor Guinness World Record untuk senam poco-poco digelar di silang Monas pada Minggu (5/6/2018).

Seperti diketahui selain Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang ikut senam poco-poco ini. Bahkan, pemecahan rekor dunia ini diikuti pula oleh 65 ribu orang.

Dalam pelaksanaan pemecahan rekor senam poco-poco terbesar ini, Jokowi dan Iriana, JK dan Mufidah, serta Puan dan peserta lainnya mengenakan baju olahraga dengan konsep merah putih.

Jokowi, Iriana, JK, Mufidah, dan Puan menggunakan polo shirt putih dan dilengkapi dengan celana olahraga berwarna putih. Sedangkan peserta lainnya menggunakan seragam olahraga berupa t-shirt putih dan celana putih.

Untuk Kain motif tenun ini digambarkan dengan atap rumah adat Minahasa dengan tujuh tingkat. Sedangkan seragam poco-poco ini merupakan desain dari Alleira Batik.

Kain motif tenun ini digambarkan dengan atap rumah adat Minahasa dengan tujuh tingkat. 

Motif ini diklaim sebagai bentuk keselarasan dan keharmonisan hidup bermasyarakat di Indonesia yang penuh toleransi dan saling menghargai.

Istri Presiden Iriana dan Mufidah JK pun juga terlihat menggunakan lilitan kain di pinggangnya. 

Sementara t-shirt dengan celana putih ini motif api di bagian dada. Hal ini gambaran semangat berkobar yang tak pernah redup dan didasari oleh ketulusan hati.

Kain merah yang diikat dengan detail draperi di bagian pinggang. Untuk menambahkan nuansa nasional, kain merah ini ditambahkan dengan kain motif tenun Minahasa.

Sementara Ketua Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Ronny Sompie merasa bangga dengan pencapain ini.

“Saya lebih bangga lagi dimana salah satu seragam yang digunakan adalah motif tenun Minahasa. Ini menunjukan budaya kita sangat dihargai dan diakui,” kata Ronny.

 

Editor : Divon

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *