Amankan Kirab Obor Asian Games, Poldasu Siapkan Ratusan Personilnya

Esensinews.com – Terkait pengamanan Kirab Obor Asian Games pada Selasa, 31 Juli – 1 Agustus 2018, maka Polda Sumatera Utara (Sumut) menyiagakan para personilnya.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menyampaikan, personil tersebut terdiri dari, Dit Intelkam, Dit Pamobvit, Jibom Sat Brimob, Dit Sabhara, Dit Lantas serta Dit Polair.

“Untuk pengamanan kirab obor Asian Games 2018, selama dua hari Polda Sumut telah menyiagakan personil,” ujar MP Nainggolan kepada sejumlah wartawan, Selasa (31/7/2018).

Disatu sisi dia menjelaskan, untuk Dit Intelkam melakukan kerjasama dan koordinasi dengan satuan wilayah yang dilalui serta satwil lokasi giat Torch Relay Inasgoc. Untuk Pam Obvit bersama satwil Polres Deliserdang dan Taput sendiri jelas dia, memberikan penebalan di terminal bandara KNIA dan keberangkatan di Bandara Silangit.

Lebih lanjut MP Nainggolan menjelaskan, personil jibom melakukan sterilisasi lokasi kedatangan di Kota Parapat dan Balige serta keberangkatan di Bandara Silangit. Selain itu Sat Brimob juga ikut menyiagakan personil pleton penindak 1 SST dan Tim escape mengikuti rombongan Torch Relay Inasgoc mulai dari kedatangan lokasi kegiatan hingga keberangkatan.

Untuk Dit Sabhara dia mengatakan, disiapkan 1 SST personil untuk tugas mengikuti rombongan, Dit Lantas melakukan pengamanan dan pengawalan dari KNIA, jalur Lalin yang dilalui di wilayah Deliserdang, Sergei. Tebing Tinggi, Siantar, Simalungun, Parapat, Tobasa hingga ke Pekanbaru dari Silangit. Selanjutnya Dit Polair melakukan pengamanan kapal untuk kegiatan berlayar Torch Relay Inasgoc di Danau Toba.

Lebih lanjut ucapnya, rute rombongan tiba dari Banda Aceh di KNIA pada Selasa 31 Juli pukul 17.00 WIB. Yang selanjutnya melanjutkan perjalanan ke kota parapat dan api Asian Games menginap di rumah pengasingan Bung Karno.

Selanjutnya pada Rabu 1 Agustus 2018, pukul 07.00 WIB, api Asian Games akan di bawa berlayar dengan kapal hias di Danau Toba dan bersepeda menuju pantai bebas Danau Toba serta mengikuti kegiatan yang sudah di persiapkan oleh Pemda, selanjutnya berlari ke pantai bulbul Parapat, dan api Asian Games di bawa ke Balige yang selanjutnya kembali ke bandara Silangit untuk take off pukul 12.00 WIB menuju Pekanbaru.

Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Makmur Ginting sebelumnya mengungkapkan, untuk pengamanan sebanyak 1.121 personil akan dikerahkan mulai untuk memantau keamanan di setiap titik kegiatan Torch Relay.

Sebanyak 204 personil dan kewilayahan jajaran ada 917 personil TNI yang terlibat mengamankannya. Jadi, jumlah total tuturnya, terdiri dari personil Polda sebanyak 204 personil dan kewilayahan jajaran ada 917 personil.

“Saya berharap seluruh masyarakat dapat merasakan perhelatan Kirab Obor dengan aman dan tentram. Sehingga gaung Asian Games lebih terasa lagi,” tutup dia.

 

Editor : Ateng S

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasangan Jago Debat seperti Rizal Ramli adalah Kunci Kemenangan Pilpres 2019

Rab Agu 1 , 2018
Dalam berbagai kontestasi politik, semacam pilpres, kemenangan telak dalam debat terbuka dapat menyumbang sekitar 30% suara mengambang. Apalagi di saat ketokohan, yang selama ini menjadi andalan, sudah mentok elektabilitasnya. Menurut rekan kami yang berprofesi sebagai ilmuwan politik sekaligus pollster, elektabilitas “sebenarnya” (tidak merujuk pada publikasi berbagai lembaga survey yang diragukan […]