Kapolda: Polda NTB Sediakan Posko Bantuan Bencana Gempa 6,4 SR Lombok Timur

Esensinews.com  – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan kejadian gempa dengan kekuatan 6,4 SR pada Minggu (29/7/2018) pagi sekitar pukul 05.47 WIB.

Pusat gempa berada di- 28 km Barat Laut Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). Lebih rinci BMKG menyebutkan pusat gempa juga ada di 32 km Timur Laut Lombok Utara, 57 km Timur Laut Lombok Tengah dan 61 km Timur Laut Mataram NTB, namun Gempa tidak berpotensi tsunami.

Kemungkinan masih berlangsung beberapa gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil.

Melihat kejadian tersebut, Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri langsung mengintruksikan seluruh jajarannya dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendirikan posko dan membentuk tim penanganan Korban Gempa di Lombok Timur.

Dikatakan Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri, saat ini jajaran Polda sudah bergerak membantu mengevakuasi korban dan mengirim ambulane, mengirim tangki-tangki air bersih, mengirim tim medis, mengirim kendaraan-kendaraan evakuasi, mengirim tenda-tenda kompi, mengirim bantuan sembako dll.

Bahkan warga dipersilahkan memanfaatkan posko bencana alam Polda NTB dan fasilitas yang sudah disediakan, ujar Kapolda kepada wartawan melalui pesan WA, Minggu pagi (28/7/2018).

“Penanganan ini terus di lakukan sampai kondisi di nyatakan aman dan para warga bisa kembali ke rumah masing-masing, namun warga juga di persilahkan menempati Posko-posko yang telah disediakan sampai betul-betul di nyatakan aman,” ucap Kapolda (28/7/2018).

Sementara sumber Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, Posko telah berkoordinasi dengan BPBD dan instansi lain untuk mengetahui dampak gempa dan penanganannya.
Hasil sementara yang dilaporkan dari Posko korban jiwa masih dalam pendataan.

Kerugian Materil yang tercatat adalah, Kabupaten Lombok Timur; Ada laporan kerusakan di Kecamatan. Sambelia dan Kecamatan. Sembalun (masih dalam assessment). Kabupaten Lombok Utara; ada laporan kerusakan di Kecamatan Bayan (assessment). Dan Kabupaten Sumbawa barat; 1 unit rumah roboh (RB) di Desa Tepas Sepakat, Kecamatan Brang Rea.

Digambarkan kondisi warga setempat saat gempa terjadi, di Lombok Timur : Gempa dirasakan kuat sekali selama -+ 10 Detik. Warga sempat panik keluar rumah, BPPD Lombok Timur masih melakukan monitoring di sekitar wilayah terkait gempa tersebut.

Sementara di Kabupaten Lombok Utara: Gempa dirasakan cukup kuat, menimbulkan kepanikan. Saat ini TRC sedang meninjau lokasi.

Sedangkan di Kota Mataram, gempa dirasakan sangat kuat selama 10 detik, warga pun sempat panik keluar rumah.

Saat ini sedang dilakukan patroli oleh TRC intuk sementara pendakian gunung Rinjani ditutup, karena ada indikasi longsor berupa debu disekitar gunung.

 

Editor : Ridhwan

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

151 Batang Ganja dan 2755 Liter Miras Dimusnahkan Polres Nias Selatan

Ming Jul 29 , 2018
Esensinews.com – Demi menjaga stabilitas keamanan di wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara, maka Polres setempat memusnahkan sedikitnya 2.755 liter minuman keras (miras) jenis tuak suling dan 151 batang tanaman narkoba jenis ganja. Barang haram yang dimusnahkan ni dilakukan di Lapangan Orurusa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara […]