Gedung Putih Sebut Korut Telah Serahkan Jasad Prajurit AS

Esensinews.com – Gedung Putih menyatakan Korea Utara (Korut) telah menyerahkan jasad dari sejumlah prajurit yang tewas dalam Perang Korea. Ini adalah langkah pertama Pyongyang untuk mengimplementasikan kesepakatan yang dibuat dalam pertemuan puncak pada bulan Juni lalu di Singapura.

Pemulangan jasad tentara AS yang hilang dalam konflik 1950-53 dipandang sebagai kudeta diplomatik sederhana bagi Presiden AS Donald Trump karena itu adalah salah satu kesepakatan yang dicapai selama pertemuan puncaknya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un di Singapura pada 12 Juni.

“Hari ini, (Kim) memenuhi sebagian dari komitmen yang dia buat kepada Presiden untuk mengembalikan anggota militer Amerika kami yang tewas. Kami didorong oleh tindakan Korea Utara dan momentum untuk perubahan positif,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Jumat (27/7/2018).

Pernyataan itu mengungkapkan sebuah pesawat angkut militer AS terbang ke sebuah lapangan terbang di kota Wonsan timur laut Korut untuk membawa jenazah ke pangkalan udara Osan di Korea Selatan (Korsel).

 

Sebuah upacara repatriasi formal akan diadakan di Osan pada hari Rabu,” bunyi pernyataan itu.

Pemindahan jasad itu bertepatan dengan ulang tahun ke-65 perjanjian gencatan senjata 1953 yang mengakhiri pertempuran, meskipun kedua Korea secara teknis masih berperang karena perjanjian perdamaian tidak pernah ditandatangani.

Janji untuk menyerahkan jasad tentara korban perang dilihat sebagai isyarat niat baik oleh Kim Jong-un pada pertemuan di bulan Juni. Serah terima ini akan menghidupkan kembali harapan untuk kemajuan dalam pembicaraan nuklir.

Kim Jong-un berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi. Namun, Pyongyang tidak menawarkan rincian tentang bagaimana hal itu terjadi.

Presiden Korsel, Moon Jae-in, mengatakan kembalinya jasad tentara itu dapat meningkatkan momentum untuk pembicaraan nuklir antara Pyongyang dan Washington.

Lebih dari 7.700 pasukan AS yang bertempur di Perang Korea masih belum ditemukan, dengan sekitar 5.300 dari mereka hilang di Korut.

 

Berbagai sumber

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gubernur Sulut dan DPRD Usul Penggantian Bupati Talaud

Jum Jul 27 , 2018
Esensinews.com – Mutasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kepulauan Talaud oleh Bupati Sri Wahyumi Manalip berbuntut panjang. Setelah melakukan kajian mendalam terkait mutasi jabatan yang melanggar aturan tersebut akhirnya Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, telah mengusulkan kepada Mendagri untuk memberhentikan Sri Wahyumi Manalip. Informasi kepastian surat sudah […]