Muhammad Iriawan Bersyukur Pilkada Jabar Berlangsung Kondusif

Esensinews.com – Pemilihan kepala daerah (Pilkada)  serentak di 171 daerah di Indonesia telah usai di gelar. Tak terkecuali pelaksanaan pilgub di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menanggapi hal itu, Pj. Gubernur Jabar, M. Iriawan mengatakan pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 berlangsung lancar, aman, damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Menurut Iriawan, kesuksesan itu buah kerjasama semua pihak, baik KPU dan Bawaslu maupun aparat keamanan dari Polda yang dibantu jajaran Kodam III Siliwangi.

“Pilgub Jabar cerminan pilkada damai yang menjadi contoh di tingkat nasional dan bahkan di tingkat dunia, sehingga perwakilan 7 negara hadir menyaksikan,” kata dia saat menyampaikan pidato pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih pada Pilgub Jabar 2018 di KPU Jabar Jl. Garut No. 11 Bandung, Rabu (25/7/2018

Pilgub Jabar sebagai sarana edukasi demokrasi dan wisata politik benar benar terwujud. Bahkan partisipasi sebanyak 71% dinilainya luar biasa karena lima tahun yang lalu hanya 63%. Oleh karena itu Iriawan menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu, khususnya kepada KPU, Bawaslu, dan jajaran keamanan.

Sementara sesuai keputusan KPU Jabar Nomor 145/2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, yang antara lain menjelaskan hasil suara terbanyak diraih Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu, meraih 7.226.254 suara (32,88% ), disusul pasangan Sudrajat – Ahmad Syaikhu atau Asyik 6.317.465 suara (28,74%), pasangan Deddy-Dedi 5.663.198 suara (25,77%), dan pasangan Hasanudin-Anton Charliyan atau Hasanah 2.773.078 suara (12,62%). Dengan demikian Paslon Rindu ditetapkan sebagai paslon terpilih.

Sementara, penetapan Paslon terpilih kemudian dituangkan dalam Berita Acara, yang selanjutnya diserahkan ke DPRD untuk menjadwalkan rapat paripurna istimewa pengumuman hasil pilkada di Jawa Barat. Kecuali itu, berita acara juga diserahkan ke Bawaslu dan Parpol.

 

 

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Minta Kades Jaga Persatuan dan Kerukunan

Rab Jul 25 , 2018
Esensinews.com – Memasuki tahun politik 2019, Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan, persaudaraan, dan kerukunan di masyarakat. Karena menurutnya ketiga hal tersebut adalah aset terbesar bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan Presiden di hadapan sekira 2000-an kepala desa (Kades) dalam acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan […]