Rupiah Kembali Anjlok ke Rp 14.500 per Dolar AS

Esensinews.com – Rupiah kembali terpuruk ke level terendah. Pada pergadangan hari ini nilai tukar rupiah kembali melemah di atas Rp14.500 per dolar AS (USD). Jelang tengah hari, berdasarkan data Limas rupiah diperdagangkan di level USD14.528/USD.

Sementara data Reuters menunjukkan rupiah yang kemarin sempat menguat meninggalkan level Rp14.500/USD kini berada di level Rp14.530/USD. Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia hari ini berada di level Rp14.541/USD.

Menurut analis, dari sisi tren memang terlihat masih ada peluang bagi mata uang Garuda untuk kembali melemah seiring minimnya sentimen positif dari dalam negeri.

Minimnya sentimen positif dari dalam negeri membuat rupiah tidak dapat dapat menyerap sentimen pelemahan USD terhadap sejumlah mata uang utama global lainnya.

Dilansir Reuters, dollar index, yang mengukur mata uang Negeri Paman Sam itu atas enam mata uang rivalnya, diperdagangkan lebih rendah dibandingkan sehari sebelumnya di 94,618.

“Karena itu, tetap cermati dan waspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah melemah,” ujar Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, seperti dikutip Sindonews Selasa (24/7/2018).

Menurut Reza, pergerakan rupiah pagi ini sesuai dengan perkiraan sebelumnya, di mana belum ada sentimen positif yang signifikan yang dapat mengangkat rupiah keluar dari tren pelemahannya.

“Rupiah kembali melemah setelah Badan Anggaran DPR melakukan Rapat Panja Perumus Kesimpulan dengan pemerintah mengenai pembahasan kesimpulan laporan realisasi semester I dan prognosis semester II APBN, yang menyangsikan pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4%,” jelasnya.

 

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penjajakan Koalisi, SBY Gelar Pertemuan dengan Prabowo Malam ini

Sel Jul 24 , 2018
Esensinews.com – Setelah koalisi 6 partai pendukung Jokowi bertemu, kini Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, malam nanti. Pertemuan di Rumah SBY, Jalan Kuningan Timur VII Kelurahan Kuningan Timur Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan, itu akan dimulai pukul 19.30 WIB. […]