Sam Aliano Protes ke Bawaslu Terkait Maraknya Politik Transaksional

Esensinews.com – Bakal calon presiden 2019, Sam Aliano, akan mengajukan protes ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).  Laporannya tersebut terkait dugaan  politik transaksional yang melibatkan calon anggota legislatif (caleg) dan partai politik.

Sam Aliano akan mengajukan protes ke Bawaslu lewat aksi yang rencananya akan digelar, Selasa (24/7/2018).

Menurut Sam Aliano, politik uang merupakan masalah serius dan harus ditindaklanjuti serius melalui tindakan nyata, bukan sekadar retorika pemanis semata.

Ini bisa membahayakan demokrasi dan hak-hak rakyat Indonesia. Saya selaku bakal calon presiden 2019 tidak mau ada politik uang,” ucap Sam  Aliano kepada Warta Kota, Senin (23/7/2018).

“Gimana saya mau maju kalau caranya begitu tanpa ada tindakan yang tegas dari Bawaslu. Tidak hanya saat pilkada tapi saya khawatir politik uang juga terjadi pada pileg dan pilpres 2019 nanti,” tuturnya lagi.

Dia menilai, upaya pemberantasan politik uang yang selama ini dilakukan Bawaslu belum optimal.

Hal itu, kata Sam Aliano, terbukti banyak keluhan dan laporan dari masyarakat hingga temuan di lapangan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) saat Pilkada serentak lalu.

Oleh sebab itu, pencegahan dan pemberantasan politik uang masih menjadi pekerjaan rumah serius bagi Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Sam Aliano meminta, lembaga-lembaga tersebut mendengar dan menindaklanjuti secara adil setiap laporan dari masyarakat.

 

Sumber : Wartakota

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Jokowi Bertemu 98 Wali Kota di Istana Bogor

Sen Jul 23 , 2018
Esensinews.com – Presiden Jokowi menemui sejumlah wali kota dari seluruh Indonesia di Istana Bogor pada Seni (23/7/2018). Pertemuan dengan 98 wali kota dari seluruh Indonesia itu dilakukan dalam tiga tahap, yang diawali dengan pertemuan dengan 32 wali kota pada pukul 09.00 WIB Para wali kota yang mengikuti pertemuan tahap pertama […]