Petrus Selestinus : Hentikan Segala Aktivitas Mafia Lapas

ESENSINEWS.com - Sabtu/21/07/2018
Petrus Selestinus : Hentikan Segala Aktivitas Mafia Lapas
 - ()

Esensinews.com – Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terhadap Wahid Husen, Kalapas Sukamiskin harus ditindaklanjuti dengan mengehentikan segala aktivitas Mafia Lapas yang selama ini menjadi basis kegiatan Napi Tipikor yang bergerak di bidang bisnis Napi Tipikor di dalam Lapas Sukamiskin.

Demikian disampaikan Koordinator TPDI, Petrus Selestinus Sabtu (21/7/2018) di Jakarta.

Petrus mengatakan, mafia Lapas Sukamiskin seolah-olah menjadi lembaga baru yang berwenang mengembalikan atau memulihkan segala hak para Napi yang hilang akibat putusan hakim berkekuatan hukum tetap yang memberi status Napi kepada terpidana korupsi.

“Ketika seseorang menjadi Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin, maka Mafia Lapas akan berperan peran menawarkan hak hak istimewa yang bisa dinikmati Napi Tipikor tertentu asal memenuhi syarat-syarat yang sudah meripakan hukum bagi dunia Lapas Sulamiskin. Seorang Kalapas Sikamiskin memiliki koneksi dengan Mafia Lapas,” ungkap dia.

Konon, kata dia, fasilitas yang disediakan oleh jaringan Mafia Lapas Sukamiskin adalah akses untuk menuju Rumah Sakit dan sejumlah hotel  berbintang di sekitar Lapas Sukamiskin yang diduga kuat sebagai tempat yang disediakan bagi Napi tertentu untuk memenuhi kebutuhan seksualitas Napi selama berada dalam Lapas Sukamiskin. Karenanya Napi Tipikor harus punya koneksi dengan Kalapas dan jaringan Mafia Lapas yang keberadaan dan budayanya sudah terpelihara, beregenerasi dan bermetamorfosa sesuai dengan kebutuhan.

“Sekalipun seorang Kalapas diganti atas nama penindakan, tetapi jaringan Mafia Lapas yang sudah dibina dan terbangun secara terstruktur baik yang berada di dalam Lapas maupun di luar Lapas, tidak pernah tersentuh oleh Dirjen Pemasyarakatan atau Menkumham sekalipun. Karena itu OTT KPK terhadap Kalapas kali ini diharapkan agar sekaligus membongkar jaringannya yang ada di dalam Lapas Sukamiskin, karena jaringan ini jugalah yang menjadi basis kekuatan yang mampu menghidupkan bisnis para koruptor yang tetap dikendalikan dari dalam penjara,” desak Petrus.

Petrus menambahkan, seorang Kalapas memiliki loyalitas ganda, pertama dia harus tunduk kepada aturan main yang sudah dibangun jaringan mafia Lapas Sukamiskin yang dibackup oleh Napi Koruptor, tetapi Kalapas juga harus loyal kepada Dirjen Lembaga Pemasyarakatan terkait dengan hubungan kedinasan dan distribusi rezeki KKN dalam Lapas.

“Jaringan Mafia Lapas ini bukan sebuah organisasi yang tertutup, mereka bekerja secara terbuka, sehingga Dirjen Pemasyarakatan dan organ-organ yang ada di bawahnya tidak mungkin tidak tahu. Ini secara sistem dipelihara karena terkait dengan rezeki dan upeti yang harus dibagi ke semua stakeholder Lapas,” tukasnya.

“Mafia Lapas ini berfungsi sebagai fasilitator bagi Napi koruptor yang melakukan bisnis dari dalam ke luar dan ingin tetap hidup bebas merdeka. Dengan demikian, maka tujuan pemidanaan terhadap kejahatan  korupsi dan tujuan Lapas tidak akan tercapai karena ketika vonis hakim berkekuatan hukum tetap dan dijalankan, maka Lapas Sukamiskin bagi sebagian Narapidana merupakan surga baru untuk melanjutkan KKN, bahkan melanjutkan bisnis KKN yang sedang berlangsunh, bahkan mereka  masih bisa memeras kolega lainnya yang belum ditindak, karena minimnya alat bukti akibat mereka sudah saling menyandera untuk saling melindungi,” tutup advokat Peradi ini.

 

Editor : Wiriawan H

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

Brasil Tumbang di Tangan Belgia 1-2, pada Babak 8 Besar

Brasil Tumbang di Tangan Belgia 1-2, pada Babak 8 Besar

Dapatkah Orang Katolik Berpolitik, ini Pandangan Benny Soesatyo

Dapatkah Orang Katolik Berpolitik, ini Pandangan Benny Soesatyo

Rizal Ramli: Jokowi Geram Subsidi Pupuk Rp 33 Triliun?

Rizal Ramli: Jokowi Geram Subsidi Pupuk Rp 33 Triliun?

SCOTUS Pertahankan Kebijakan Imigrasi Trump, Keputusan 6-3 : Kekalahan Terbesar Pemerintahan Biden

SCOTUS Pertahankan Kebijakan Imigrasi Trump, Keputusan 6-3 : Kekalahan Terbesar Pemerintahan Biden

Dirjen Imigrasi Terima Surat Pencekalan Anita Kolopaking Pengacara Djoko Tjandra

Dirjen Imigrasi Terima Surat Pencekalan Anita Kolopaking Pengacara Djoko Tjandra

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya