Nasdem jadi Pesaing Berat PDI-P di Sulut

Catatan : Jerry Massie (Peneliti Indonesian Public Institute)

Peta persaingan antara Partai Nasdem dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) di Sulut kian alot. Namun Nasdem sudah unggul atas partai berlambang banteng ini.

Baru-baru ini, Partai Nasdem berjaya di Talaud dengan calon bupatinya Elly Lasut. Mantan Bupati ini mengalahkan calon PDI-P.

Sedangkan kader PDI-P menang di dua daerah pemilihan yakni, Kabupaten Minahasa (Roy Roring), Sitaro (Evangelien Sasingen) Herson Mayulu (Bolsel) dan Minahasa Tenggara (James Sumendap).

Tapi bedanya di Mitra, James Sumendap tak punya lawan. Dia hanya berhadapan dengan kotak kosong.

Seperti biasanya, di Sulut dikuasai Partai Golkar dan PDI-P. Kini semuanya berubah. Kali ini Nasdem menjadi saingan utama PDI-P dengan 5 kepala daerah.

Diprediksi Nasdem bisa menjadi ancaman pada pemilihan gubernur mendatang.

Kader Nasdem yakni Walikota Bitung (Max Lomban), Bupati Minut (Vonny Panambunan), Bupati Bolmong (Yasti Suprejo) yang hengkang dari PAN, Walikota Kotamobagu terpilih Tatong Bara dan Bupati terpilih Talaud Elly Lasut.

Jelas ini akan menjadi ancaman serius bagi PDI-P. Skor keduanya 5-4 bagi Nasdem.

Sementara Golkar duduk diposisi ketiga dengan hanya punya 3 kepala daerah. Bupati Minsel (Tetty Paruntu), Walikota Tomohon (Jimmy Eman) dan Bupati Sangihe (Jabes Gaghana).

Sementara, Manado dikuasai Partai Demokrat (Vicky Lumentut), Boltim dari PAN (Sehan Landjar) dan Bolmut dari PPP (Depri Pontoh).

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *